You are currently viewing Inovasi Perencanaan Kawasan Hunian dan Fasilitas Pendukung Karya Mahasiswa Dipamerkan di Solo Jawa Tengah

Inovasi Perencanaan Kawasan Hunian dan Fasilitas Pendukung Karya Mahasiswa Dipamerkan di Solo Jawa Tengah

SOLO, suaramerdeka.com – Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memamerkan Capstone Desain Inovatif dalam Mata Kuliah Tugas Manajemen Konstruksi di Car Free Day Jl Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah, Minggu 14 Januari 2024.

Dosen Pengampu Mata Kuliah Tugas Manajemen Konstruksi Teknik Sipil UMS, Tsulis Iq’bal Khairul Amar mengatakan, mahasiswa Prodi Teknik Sipil UMS melakukan pameran dan presentasi Capstone Design sebagai bagian dari puncak pengalaman belajar mahasiswa selama belajar tujuh semester.

”Untuk menunjukkan kehebatan akademisnya, mahasiswa program Teknik Sipil UMS menjadi pusat perhatian pada Car Free Day Solo, dengan mempresentasikan Capstone Design inovatif mereka dalam Tugas Manajemen Konstruksi,” kata dia.

Dijelaskan, mahasiswa memberikan presentasi terkait rancangan kawasan tidak hanya menyoroti keunggulan namun juga menggarisbawahi komitmen program studi untuk mengembangkan solusi inovatif untuk masa depan konstruksi.

”Tujuan dari kegiatan tersebut adalah mahasiswa memperkenalkan kepada masyarakat bahwa calon lulusan teknik sipil memiliki softskill dan hardskill yang baik dalam perencanaan kawasan.”

”Perencanaan tersebut terdiri atas hunian tinggal, jembatan, jalan, drainase, fasilitas pendukung lainnya sampai dengan analisis nilai investasi.”

”Selain itu, hal tersebut berkaitan dengan peningkatan minat mahasiswa pada dunia wirausaha,” papar Iq’bal selalu dosen pendamping.

Setidaknya 18 kelompok yang terdiri lebih dari 200 mahasiswa unjuk kerja memamerkan hasil perencanaan kawasan yang sudah mereka kerjakan 6 bulan lamanya.

Materi yang dikenalkan kepada masyarakat melibatkan desain inovatif, perhitungan harga jual yang cermat, analisis investasi mendalam, dan visualisasi mengesankan dalam bentuk video 3D.

Presentasi ini memberikan gambaran komprehensif tentang kompetensi mahasiswa dalam mengembangkan solusi berbasis rekayasa untuk kawasan tersebut.

Survey kepada masyarakat juga diadakan untuk menilai kelayakan dan memberikan saran kepada setiap kelompok.

Pemaparan mahasiswa Teknik Sipil UMS saat Car-Free Day (CFD) mengenai perencanaan kawasan Superminiblock dalam mata kuliah Tugas Manajemen Konstruksi membawa manfaat berharga dengan menumbuhkan kesadaran dan keterlibatan masyarakat.

Inisiatif ini tidak hanya menunjukkan keterampilan teknis mahasiswa tetapi juga mendorong pembangunan perkotaan yang berkelanjutan dan dikelola dengan baik.

Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang praktik konstruksi dan dampak positifnya terhadap lingkungan.

Masyarakat sangat antusias dengan kegiatan ini, mereka silih berganti mengunjungi stand mahasiswa.

Pengunjung yang berasal dari pengusaha jasa konstruksi developer menyambut positif kegiatan ini.

Salah satunya dari CEO PT. TUKANGBANGUN.ID, Mujahid Ghoni.

“Apa yang dipresentasikan oleh adik-adik Teknik Sipil UMS ini sudah baik dan patut diapresiasi.”

”Namun ada beberapa hal yang perlu diperbaiki jika memang ingin terjun langung di dunia industri jasa konstruksi spesialisasi real estate,” ujarnya. ***

Sumber: https://www.suaramerdeka.com/pendidikan/0411515465/inovasi-perencanaan-kawasan-hunian-dan-fasilitas-pendukung-karya-mahasiswa-dipamerkan-di-solo-jawa-tengah