You are currently viewing UMS Sudah Buka Prodi Baru S1 Sistem Informasi, dengan Kuota 150 Mahasiswa Baru

UMS Sudah Buka Prodi Baru S1 Sistem Informasi, dengan Kuota 150 Mahasiswa Baru

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SOLO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menambah Program Studi (Prodi) baru untuk program Sarjana yaitu Prodi Sistem Informasi berdasarkan izin pembukaan prodi Sistem Informasi (SI) program sarjana sesuai Keputusan Kemendikbud Ristek Nomor 938/E/O/2023.

Prodi Sistem Informasi UMS dibuka pendaftaran mulai tahun ini dan perkuliahan akan mulai diselenggarakan pada Tahun Akademik 2024/2025. Pada angkatan pertama ini, kuota maksimal mahasiswa yang diterima sejumlah 150 mahasiswa

Dalam kesempatan penyerahan Surat Keputusan Kemendikbud Ristek, Rektor UMS Prof., Dr., Sofyan Anif M.Si., menyampaikan bahwa Prodi Sistem Informasi adalah salah satu Prodi pilihan dengan minat yang tinggi.

“Dan kita juga bersyukur ini ada tambahan satu prodi baru Sistem Informasi yang termasuk kategori yang seksi ini ya,” ungkap Sofyan Anif pada Selasa (2/1).

Sofyan Anif menyampaikan bahwa di luar negeri, Prodi semacam Sistem Informasi ini menjadi Prodi yang sangat diminati mahasiswa-mahasiswa, seperti yang terjadi di Tongmyong University dan kampus-kampus di Korea Selatan lainnya.

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Bapak Bhimo Widyo Andoko, S.H., M.H., dalam kesempatan penyerahan SK tersebut juga menyampaikan harapannya agar Prodi Sistem Informasi UMS ini dapat dikembangkan menjadi Prodi yang Unggul.

Prodi Sistem Informasi UMS ini berada di Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) dan termasuk dalam rumpun ilmu informatika dan komputer. Asosiasi yang menaungi Prodi Sistem Informasi di Indonesia adalah APTIKOM (Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer)

Dalam kesempatan yang berbeda Dekan FKI UMS Nurgiyatna S.T., M.Sc., Ph.D., menyampaikan bahwa Prodi Sistem Informasi ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengelola, merancang, dan mengembangkan sistem informasi yang efektif dan efisien. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan untuk memahami aspek bisnis dan manajemen yang terkait dengan penerapan sistem/teknologi informasi dalam suatu organisasi.

“Pembukaan Prodi baru Sistem Informasi ini didasari kepada tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informatika dan komputer, di mana kebutuhan sumber daya manusia dengan bidang keahlian SI terus meningkat, diikuti dengan peningkatan minat lulusan SMA untuk melanjutkan kuliah di Prodi Sistem Informasi,” terangnya.

Nurgiyatna menambahkan, pertimbangan pembukaan Prodi baru tersebut memperhatikan kemampuan UMS untuk menyelenggarakan Prodi Sistem Informasi, ditinjau dari kecukupan sumber daya manusia maupun sarana prasarana yang diperlukan.

Wakil Dekan I FKI UMS Dr. Endah Sudarmilah, S.T., M.Eng., menyampaikan, terdapat kekhasan dari Prodi Sistem Informasi UMS dalam aspek pengembangan keahlian, kajian capaian pembelajaran, dan kurikulum program studi. Beberapa di antaranya adalah bahwa Prodi Sistem Informasi program Sarjana UMS mempunyai fokus pada pemantapan nilai-nilai ke-Islaman yang bersifat universal untuk menghasilkan lulusan yang amanah, berintegritas, jujur serta berwawasan nasional kebangsaan sebagai pengejawantahan Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia dan ciri khas pendidikan dalam payung Muhammadiyah.

Selain itu, Sistem Informasi UMS mempunyai fokus kajian dan pengembangan sistem informasi yang berbasis sistem cerdas (Intelligent Information System) dan pemanfaatan data sebagai faktor pendukung kualitas sistem informasi (data-driven information system) untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat dan dunia industri.

Sistem Informasi UMS juga mempunyai fokus pada pemantapan nilai-nilai ke-Islaman yang bersifat universal untuk menghasilkan lulusan yang amanah, berintegritas, jujur serta berwawasan nasional kebangsaan sebagai pengejawantahan Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia dan ciri khas pendidikan dalam payung Muhammadiyah.

Sarjana Sistem Informasi UMS akan menghasilkan lulusan sebagai berikut :

Lulusan menjadi pribadi Islami yang amanah, mempunyai wawasan nasional kebangsaan, unggul dalam penguasaan, penerapan, dan memberikan kontribusi bagi perkembangan IPTEKS di bidang Sistem Informasi.

Lulusan memiliki kemampuan menganalisis, merancang, membuat, dan melakukan evaluasi sistem informasi yang selaras dengan tujuan organisasi.

Lulusan memiliki kemampuan memahami, menerapkan dan mengintegrasikan model sistem, menggunakan metode dan berbagai teknik peningkatan bisnis proses yang mendatangkan suatu nilai untuk organisasi.

Lulusan memiliki pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip untuk merancang dan mengembangkan sistem informasi yang inovatif berdasarkan pemanfaatan data dan kecerdasan buatan.

“Harapan dari pembukaan Prodi Sistem Informasi ini adalah tentu saja memperkuat dari lini pendidikan Informatika dan Komputer (Infokom) di UMS, maupun juga memberikan satu wadah ataupun Prodi yang akan menjadi pusat unggulan SI yang ada di area Jateng dan sekitarnya,” harap Endah.

Dengan mengindahkan harapan dari LLDIKTI Wilayah VI, Prodi Sistem Informasi UMS juga mempersiapkan diri untuk mendapatkan akreditasi yang Unggul dengan mempersiapkan dokumen, sarana dan prasarana, serta sumber daya dosen. (Maysali/Humas)