You are currently viewing Inspiratif! Tim Mahasiswa UMS Sabet Silver Medal dan Bronze Medal di Thailand Inventor’s Day
Tim PTI yang mendapatkan Silver Medal

Inspiratif! Tim Mahasiswa UMS Sabet Silver Medal dan Bronze Medal di Thailand Inventor’s Day

ums.ac.id, PABELAN – Tim Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil menorehkan prestasi dari ajang Thailand Inventors Day 2023 dengan menyabet 1 silver medal dan 2 bronze medal.

Ajang Internasional tersebut dilaksanakan pada 02-06 Februari 2023 yang berlangsung di Bangkok International Trade & Exhibition Centre (BITEC), Bangkok, Thailand.

Tim Mahasiswa dari Farmasi yang mendapatkan Bronze Medal

Acara yang dikenal dengan Bangkok International Intellectual Property, Invention, Innovation, and Technology Exposition (IPITEx) itu merupakan pameran penemuan terbesar di Thailand.

Baca Juga

Salah satu pemenang lomba, Hawangga Dhiyaul Fadly mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (PTI) menyampaikan persiapan dalam lomba ini kisaran 3 bulan.

Tim Mahasiswa dari Farmasi yang mendapatkan Bronze Medal
Tim Mahasiswa dari Farmasi yang mendapatkan Bronze Medal

“Sebelum perlombaan ini, saya sudah mengembangkan konsep batik pada makanan. Kemudian saya berfikir apa lagi yang bisa dikembangkan, hingga akhirnya mengembangkan virtual reality dengan tema batik juga,” ungkap Mahasiswa PTI itu.

Ia memaparkan dalam inovasi dengan judul, “VR Batik Museum: Discover Indonesian Culture Through Immersive Virtual Reality” dengan tetap mengenalkan budaya Indonesia yakni salah satunya batik.

“Alhamdulillah tim kami berhasil mendapatkan silver medal, yang pada ajang ini di ikuti oleh 24 negara dan kurang lebih 500 tim,” tambahnya.

Menurutnya, support dari program studi, fakultas dan universitas sangat besar dalam persiapan sampai proses perlombaan ini sehingga kami sangat terbantu.

Ia berharap, dari mahasiswa FKIP pada khususnya dan mahasiswa UMS pada umumnya dapat melanjutkan prestasi ini dan dapat terinsiprasi untuk selalu berprestasi.

Menurut Dosen Pendamping, Dias Aziz Pramudita S.Pd., M.Cs, menyampaikan sejak pembukaan pendaftaran lomba pada akhir tahun lalu, tim dari PTI mulai menentukan topik, dan mulai menyiapkan berkas seleksi mulai dari portofolio, video dan proposal.

“Hingga akhirnya 3 Tim UMS lolos untuk memamerkan karya di Bangkok Thailand,” tambahnya.

Skema penjurian, lanjutnya, terdapat 3 juri yang setiap hari berkeliling dan mendatangi satu per satu karya mahasiswa dan melakukan tanya jawab langsung di tempat.

“Saya berharap, karena event ini adalah event tahunan, kita bisa lebih bersiap untuk mengirimkan delegasi pada kejuaraan berikutnya,” pungkas Dosen PTI itu.

Kabag Penalaran, Kreativitas, dan Softskill Biro Kemahasiswaan, Ir., Muhammad Alfatih, S.T., M.T., mengungkapkan perolehan prestasi Internasional ini menjadi representatif dari tagline UMS yaitu ‘Mencerahkan, Unggul, Mendunia’.

“Tiga prestasi ini menjadi kabar yang menggembirakan di awal tahun, semoga dari setiap fakultas dapat terpacu untuk terus menyumbangkan berprestasi baik Nasional maupun Internasional,” ungkapnya.

Perolehan prestasi Internasional ini rinciannya sebagai berikut: Silver Medal diraih oleh Hawangga, Aray, Esa dari Pendidikan Teknik Informatika. Sedangkan Perolehan Bronze Medal berhasil di borong oleh 2 tim dari Fakultas Farmasi atas nama Ahmad, Nuri, Zakiyatul dengan judul ‘Foot Spray Combination Of Citrus Hystrix Leaves And Zingiber Officinale Extract For Bromodosis’ dan Tim yang beranggotakan Firda, Nailil, Ahmad, dengan judul ‘STECAV: The Ultimate Alternative of Food Supplement with SCP Production to Prevent Protein Deficiency’. (Fika/Humas)