You are currently viewing Jadi Tuan Rumah Silat APIK-PTMA 2024, UMS Siapkan Serangkaian Kegiatan

Jadi Tuan Rumah Silat APIK-PTMA 2024, UMS Siapkan Serangkaian Kegiatan

Panitia Silat APIK-PTMA 2024 yang akan digelar di UMS dalam konferensi pers, Selasa (27/2).(dok)

SOLO, suaramerdeka-solo.com – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menjadi tuan rumah Silaturahmi Asosiasi Pendidikan Studi Ilmu Komunikasi-Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (Silat APIK-PTMA) 2024.

Wakil Ketua Acara Silat APIK-PTMA 2024, Nieldya Nofandrilla MA mengemukakan, penunjukan UMS sebagai tuan rumah Silat APIK-PTMA 2024 sudah ditentukan tahun lalu.

“Penunjukannya secara diskusi, dipilih bagi perguruan tinggi yang siap menjadi tuan rumah dan menerima tamu dari PTMA seluruh Indonesia,” kata Nieldya saat jumpa pers di Dapur Solo Hj Indrat (Edutorium UMS), Selasa, (27/2).

Ketua Silat APIK-PTMA 2024, Agus Triyono MSi memaparkan, peserta yang berpartisipasi dalam acara tersebut sebanyak 240 dari 27 PTMA seluruh Indonesia.

“Peserta kegiatan ini sejumlah 170 mahasiswa dan 70 dosen,” ujarnya.

Pada hari pertama, kegiatan akan diawali dengan workshop mahasiswa di kelas selama 90 menit dilanjutkan menuju beberapa titik kebudayaan Solo.

Pada hari ke dua, peserta mahasiswa diajak city tour, terutama mengunjungi Lokananta Records, Perum Percetakan Negara RI Cabang Surakarta.

“Salah satu hal yang terpenting yaitu untuk melihat potret perkembangan rekaman di Indonesia,” jelas Agus.

Sementara itu peserta dosen akan diajak menuju desa binaan kampung edukasi Prodi Ilmu Komunikasi UMS yang sudah dirintis selama 2-3 tahun, yakni di Kecamatan Cepogo, Boyolali.

“Di sana akan dilakukan sharing pengelolaan desa wisata, pemberdayaan masyarakat, serta kontribusi yang diberikan UMS sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi,” jelas Agus.

Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi UMS, Sidiq Setyawan MIKom menambahkan, tujuan utama kegiatan tersebut adalah sebagai sarana kolaboratif Program Studi Ilmu Komunikasi antar PTMA dalam menciptakan luaran yang kolektif.

“Event ini untuk meningkatkan prestasi akademik dan non-akademik,” papar mantan fotografer salah satu media Solo tersebut.**

Sumber: https://solo.suaramerdeka.com/pendidikan/0511995816/jadi-tuan-rumah-silat-apik-ptma-2024-ums-siapkan-serangkaian-kegiatan