You are currently viewing Menjadi Tuan Rumah KRI, UMS Cari Volunteer Liaison Officer (LO) Kontes Robot Indonesia 2024

Menjadi Tuan Rumah KRI, UMS Cari Volunteer Liaison Officer (LO) Kontes Robot Indonesia 2024

ums.ac.id, PABELAN – Panitia Event Talenta Robotika Nasional Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 membuka kesempatan seluas-luasnya bagi kamu untuk berpartisipasi sebagai Liaison Officer (LO) dalam gelaran KRI 2024 yang bertempat di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada 3-8 Juli 2024 mendatang.

Dilansir dari laman resmi KRI, kontesrobotindonesia.id, KRI adalah kegiatan kompetisi tahunan mahasiswa dalam bidang rancang bangun dan rekayasa robotika yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa pada perguruan tinggi di wilayah Republik Indonesia, dari berbagai K/L atau kedinasan, yang tercatat pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

KRI diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia. KRI pertama kali diselenggarakan pada tahun 2003 di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada saat itu.

 

“Kontes Robot Indonesia mempertandingkan 7 (tujuh) divisi, yaitu: Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI); Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI); Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda; Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid; Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI); Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI); dan Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI),” papar Rois Fatoni, S.T., M.Sc., Ph.D, narahubung panitia KRI saat ditemui Minggu, (31/3).

Dia menambahkan, pada tahun 2024, UMS dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kontes Robot Indonesia. Untuk itu, Panitia KRI 2024 membuka kesempatan untuk berpartifipasi sebagai LO dalam gelaran itu, adapun kualifikasi yang dibutuhkan: (1). Mahasiswa Fakultas Teknik dan Fakultas Komunikasi dan Informatika UMS, Minimal Semester 6; (2). Memiliki Kemampuan Dalam Mengoperasikan Komputer dan Familiar Terhadap Aplikasi Zoom; (3). Diutamakan Memiliki Pengalaman Organisasi Kemahasiswaan; (4). Memiliki Keterampilan Komunikasi yang Baik.

Adapun rangkaian kegiatan menjelang Pelaksanaan KRI 2024 meliputi : (1). Pengiriman Laporan Kemajuan dan Video Penampilan Robot untuk Evaluasi Tahap II, pada 8-19 April 2024 secara daring melalui laman BPTI dan KRI; (2). Visitasi Daring/Pelaksanaan Evaluasi dan Seleksi Tahap II, pada 22-28 April 2024 secara daring melalui Zoom Meeting; (3). Pengumuman Hasil Seleksi Tahap II dan Peserta KRI Tingkat Wilayah, pada 30 April 2024 melalui laman BPTI Puspresnas dan KRI; (4). Pelaksanaan KRI Tingkat Wilayah I dan II, pada 19-27 Mei 2024 secara daring melalui Zoom Meeting; (5). Pengumuman KRI Tingkat Nasional, pada 29 Mei 2024 melalui laman BPTI Puspresnas dan KRI; (6). Pelaksanaan KRI Tingkat Nasional 2024, pada 3-8 Juli 2024 secara luring di Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS.

Benefit yang didapatkan jika berpartisipasi menjadi bagian dari LO KRI 2024 yaitu Mendapatkan Official Merch, Sertifikat, Ilmu yang bermanfaat, Pengalaman, dan masih banyak lagi.

Pendaftaran untuk menjadi Volunteer LO KRI 2024 dibuka dari 30 Maret – 4 April 2024. Bagi kamu yang tertarik untuk belajar, berpartisipasi, dan mengabdi dalam kegiatan ini, yuk langsung daftar!
ums.id/DaftarLO-KRI2024. Info selengkapnya kunjungi laman www.ums.ac.id/kri2024. (Yusuf/Humas)