You are currently viewing Membuka Program BI mengajar, Rektor UMS : Mahasiswa Harus Tanggap Memberi Pemecahan Masalah Masyarakat

Membuka Program BI mengajar, Rektor UMS : Mahasiswa Harus Tanggap Memberi Pemecahan Masalah Masyarakat

  • Post author:
  • Post category:Berita

Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si sambut mahasiswa peraih beasiswa Bank Indonesia dari seluruh perguruan tinggi di surakarta. Pada Kamis (12/08/21) melalui platform Zoom.

Sofyan Anif sampaikan, indikator-indikator yang ada dalam kerangka SDM unggul abad 21, “kalau kita mengkaji terkait dengan memperkuat inovasi, sinergi dan kepedulian sosial, hal ini merupakan indikator-indokator yang ada didalam kerangka SDM unggul abad 21,” ujarnya.

SDM unggul Abad 21 baginya memiliki tiga kerangka yang perlu dikuasai oleh mahasiswa. Pertama kopetensi berkaitan dengan penguasaan Informasi Teknologi (IT) sebagai sumber data dan sumber belajar sekaligus memberikan kopetensi jati diri kepada perilaku yang lebih dinamis dan berkemajuan. Kedua, kopetensi yang menyangkut kreativitas dan inovasi yang akan menghantarkan menjadi manusia yang visioner.

Dan yang ketiga adalah, Kopetensi softskill yang bisa berupa kejujuran, kolaborasi, etos kerja ataupun tanggungjawab.

“Ada satu riset dikanada itu yang mengabil sempel lebih dari 700 tokoh dunia, setelah diteliti yang menjadi orang sukses itu bukan yang IP nya tinggi,” ujarnya, menurutnya IP tinggi itu perlu akan tetapi yang terpenting adalah kemampuan softskill.

Ketiga kopetensi itu merupakan kesatuan yang holistik, dan juga merupakan softskill yag harus dijunjung tinggi dan juga harus digerakan dalam diri, sehingga dapat menjadi manusia yang memiliki kopetensi sosial yang baik.

Diakhir penyampaiannya rektor UMS menyampaikan harapan bagi para mahasiswa “kita harapkan kedepan menjadi pemimpin bangsa yang tangguh sekaligus berani menatap masa depan karena kita sudah terbiasa berfikir secara dinamis berkemajuan,” tutup Sofyan. (Atta/Humas)