You are currently viewing Lima Mahasiswa FKIP UMS Ikuti Pertukaran Mahasiswa ke University of Northern Philippines, Filipina

Lima Mahasiswa FKIP UMS Ikuti Pertukaran Mahasiswa ke University of Northern Philippines, Filipina

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SOLO – Sebanyak lima mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mendapatkan kesempatan untuk melakukan student exchange ke University of Northern Philippines, Filipina, dalam kegiatan SEAMEO SEA-Teacher tahun 2023.

Dimulai dari 26 September hingga 23 Oktober, mahasiswa dari FKIP UMS itu akan menjalani berbagai kegiatan di antaranya observasi kegiatan sekolah, latihan mengajar, dan culture sharing dengan siswa dan mahasiswa lokal.

Wakil Dekan I FKIP, UMS Mauly Halwat Hikmat, Ph.D., menyampaikan bahwa kegiatan pertukaran mahasiswa itu sangat penting, bagi mahasiswa maupun bagi institusi.

“Program ini sangat penting untuk peningkatan kompetensi mahasiswa dalam persaingan global, internasionalisasi FKIP, dan menyebarkan pendidikan yang menggembirakan di level global,” papar Mauly, Jum’at, (29/9).

Muhamad Fahmi Johansyah Ph.D. Kepala Lab Micro Teaching, PLP, dan KKN Dik FKIP UMS menyampaikan, mahasiswa yang berkesempatan untuk belajar di luar negeri itu akan mendapatkan banyak pengalaman dalam menghadapi masa depan yang lebih kompleks.

“Mahasiswa akan memiliki banyak pengalaman dalam beradaptasi di berbagai situasi sebagai bekal bekerja menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks,” tambahnya.

Program Sea-Teacher merupakan program flagship antar negara-negara anggota ASEAN untuk mengembangkan pendidikan di kawasan dan peningkatan kompetensi calon guru. Program ini kembali dijalankan setelah sempat vakum selama hampir 4 tahun karena terdampak pandemi Covid-19. Sebelumnya, FKIP UMS telah memprogramkan kegiatan mahasiswa ke negara lainnya seperti Malaysia, Thailand dan Australia.

Kelima mahasiswa FKIP yang mengikuti pertukaran mahasiswa, berasal dari tiga Program Studi yang berbeda yaitu, Pendidikan Biologi atas nama Rahmadani Witi Amalia dan Amalia Febriyanti, dari prodi Pendidikan Matematika atas nama Afifah Dwi Widyastuti dan Cavella Noor Putri Anisa, dan Rofi Anwar Syaputra dari Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Salah satu peserta Sea-Teacher Amalia dari Pendidikan Biologi mengungkapkan bahwa dirinya pasti akan senang dan mendapatkan pengalaman baru dari kegiatan ini.

“Belajar di tempat yang baru akan selalu menyenangkan dan menambah pengalaman yang sangat berharga,” ungkapnya. (Maysali/Humas)