You are currently viewing Nguri-Uri Budaya Jawa, Tim PKM PM UMS Ajak Siswa Outing Class ke Pura Mangkunegaran

Nguri-Uri Budaya Jawa, Tim PKM PM UMS Ajak Siswa Outing Class ke Pura Mangkunegaran

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SOLO – Program ‘Bilik Literasi Rabu Krama’ dari tim Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM PM) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kali ini mengajak para siswa dari sekolah mitra yaitu SD Muhammadiyah 1 Surakarta untuk nguri-nguri budaya Jawa dengan mengenal lebih dekat Pura Mangkunegaran.

Tim PKM PM UMS, Rabu (6/9) melakukan kunjungan di Pura Mangkunegaran bersama siswa SD Muhammadiyah 1 Surakarta dengan maksud ingin mengenalkan pada siswa mengenai kebudayaan yang ada di Surakarta. Pura Mangkunegaran merupakan salah satu wisata budaya yang terdapat di Surakarta. Di mana kota ini, merupakan kota yang terkenal dengan ‘Kota Budaya’, yang juga memiliki 2 keraton yaitu Pura Mangkunegaran dan Keraton Kasunanan.

Tim PKM PM yang beranggotakan Riska Yulia selaku ketua tim, Aqthora Sulthonia, Badra Intan,Fuad Naufal, Faritsa Syifa dengan didampingi oleh Ika Candra Sayekti, M.Pd melakukan pengabdian ‘Bilik Literasi Rabu Krama’ dengan tujuan untuk melestarikan kembali bahasa Jawa dan mengenalkan budaya yang ada di lingkungan sekitar.

“Kebetulan mitra kami berada di lingkungan PuraMangkunegaran yang mana merupakan salah satu wisata budaya dan wisata sejarah di Surakarta. Karena program kami berkaitan juga dengan budaya Jawa, maka kami mengajak Siswa SD Muhammadiyah 1 Surakarta melakukan kunjungan di Pura Mangkunegaran sebagai tujuan untuk nguri-uri kebudayaanJawi,” papar Riska Yulia selaku ketua tim, Senin (18/9).

Pada kunjungan ke Pura Mangkunegaran, tim beserta siswa didampingi oleh Wanti salah satu guru dan 2 tour guide yaitu Joko dan Maryati.

Selama berkeliling di Pura Mangkunegaran, Joko dan Maryati mengajak para siswa dan Tim PKM PM UMS berkeliling melihat setiap sudut yang terdapat di Pura Mangkunegaran dan juga menjelaskan sejarah Pura Mangkunegaran.

Selain mengajak para siswa melihat berbagai koleksi dan benda bersejarah, Tim PKM PM UMS juga ingin siswa dari sekolah mitranya itu dapat berlatih berbicara menggunakan bahasa krama dengan orang lain, yang mana ini merupakan tujuan utama tim PKM PM UMS dengan program ‘Bilik Literasi Rabu Krama’ nya.

“Pada kesempatan itu, kami juga meminta siswa untukmelakukan wawancara dengan tour guide mengenai sejarah Pura Mangkunegaran dengan menggunakan bahasa krama,” ucap Badra Intan selaku Manager Kurikulum.

Anggota lain dari PKM PM yang merupakan Manager Operasional dari tim juga mengungkapkan bahwa siswa yang mengikuti kunjungan dan melakukan praktik berbahasa krama masih malu-malu saat melakukannya.

“Walaupun siswa terlihat malu-malu pada saat mengajukan pertanyaan kepada tour guide, hal ini dapat melatih keberanian dan kepercayaan diri siswa dalam berbicara dengan menggunakan bahasa krama.” ungkap Aqthora Sulthonia.

Tim PKM PM Universitas Muhammadiyah Surakarta berharap dengan diadakannya kunjungan ke Pura Mangkunegaran ini, siswa SD Muhammadiyah Surakarta dapat mengenal lebih dekat kebudayaan Jawa yang ada di Surakarta dan menjadi sarana siswa dalam meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Krama. (Maysali/Humas)