You are currently viewing Lomba Memanah Ramaikan Harijadi ke-65 UMS, Noto Raih Poin Nyaris Sempurna

Lomba Memanah Ramaikan Harijadi ke-65 UMS, Noto Raih Poin Nyaris Sempurna

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SOLO – Menjelang Milad ke-65 Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), panitia menggelar perlombaan di bidang olahraga dan seni yakni, Kejuaraan Panahan Internal UMS, Jum’at (13/10) di Lapangan Psikologi Kampus 2 UMS. Kejuaraan tersebut diikuti oleh para dosen maupun tenaga pendidik UMS.

Rektor UMS Prof., Dr., Sofyan Anif M.Si bersama para Wakil Rektornya juga turut berpartisipasi dan bersemangat untuk mengikuti kegiatan memanah.

Wakil Rektor 1 Prof., Dr., Harun Joko Prayitno, M.Hum dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan memanah adalah mengikuti sunnah Rasulullah S.A.W.

“Perlombahan memanah ini, mungkin bukan lomba sesungguhnya, tapi lebih tepatnya panahan semacam ini olahraga mengikuti sunnah. Gitu saja nggih, karena semuanya nanti menjadi juara,” ungkap Harun Joko Prayitno.

Dia juga menyampaikan bahwa kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan untuk memeriahkan Hari Jadi ke-65 UMS adalah untuk mensinergikan energi.

“Hakekat apapun, berapapun jumlah olahraga dalam rangka Milad ke-65 UMS, sesungguhnya adalah untuk menyatukan hati, menyatukan pikiran, menyatukan energi dalam rangka mewujudkan UMS yang menjadi lebih maju lagi,” ungkap dia lebih lanjut.

Kegiatan ini juga ditujukan untuk mendekatkan semua unsur komponen yang ada di UMS ini dan untuk mewujudkan satu tekad mewujudkan UMS menjadi perguruan tinggi yang Mencerahkan, Unggul, dan Mendunia.

Kabag Minat & Bakat dan Beasiswa Biro Kemahasiswaan dan panitia kegiatan, Drs., Suyatmin, M.Si., menyampaikan acara ini salah satu cabang olahraga yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Jadi ke-65 UMS yang menjadi langkah awal untuk menyongsong UMS.

“Kali ini sudah lebih baik dari lomba panahan tahun kemarin untuk memperingati hari ke 64. Perserta sekitar 60 dan mengikutsertakan mahasiswa Pendidikan Olahraga (POR),” papar Yatmin.

Dia berharap, kegiatan ini dapat menjadi sarana belajar dan menjadikan UMS sebagai tuan rumah lomba panahan di tingkat nasioal.

“Kita mensupport untuk penyelenggaraan panahan tingkat nasional dan tentunya akan dikoordinasikan dengan kepemimpinan yang akan dikemas untuk lomba panahan nasional untuk piala rektor,” paparnya.

Otami Amalina, A.Md., peserta panahan dari Tendik FIK, sangat senang dan bangga dengan adanya lomba panahan ini karena dapat mengamalkan olahraga sunnah.
“Semoga UMS dapat memfasilitasi olahraga panah dengan istiqomah dan konsisten dan semoga ke depan dapat mengikuti kejuaran panahan ditingkat yang lebih tinggi,” harap Otami.

Pada kejuaraan ini, peserta memiliki kesempatan memanah 6 kali lesatan anak panah dengan waktu maksimal 3 menit dalam 1 kali pertandingan. Panitia menentukan jarak antara peserta dengan lokasi papan target sekitar 10 meter. Kejuaraan panahan tersebut kemudian dimenangkan oleh Noto dari Biro Keuangan dengan skor nyaris sempurna yaitu 52, sedangkan Supri dari Biro Aset Universitas (BAU) meraih skor 48, dan Dedi dari Fakultas Kedokteran mendapatkan skor 44. (Maysali/Humas)