You are currently viewing Tapak Suci UMS Kantongi 3 Perak dan 1 Perunggu di Kejurnas Semar V

Tapak Suci UMS Kantongi 3 Perak dan 1 Perunggu di Kejurnas Semar V

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SURAKARTA– Tapak Suci (TS) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menorehkan prestasi di kejuaraan nasional. TS UMS berhasil memperoleh 3 perak dan 1 perunggu pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Sebelas Maret (Semar) V yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS), 4-8 Oktober 2023.

Kejuaraan tersebut merupakan agenda 2 tahunan sehingga, Kejurnas Semar telah berjalan selama 10 tahun lebih.

Pelatih TS UMS Krisna, S.Pd.,M.Pd., mengatakan Tim UMS mendapatkan undangan untuk turut berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut.

“Jadi, Unit Kegiatan TS UMS diundang panitia kejuaraan TS UNS, agar ikut Kejurnas Semar V,” kata Krisna, Selasa (10/10).

Untuk mengikuti kejuaraan-kejuaraan, TS UMS memiliki regulasi dalam sistem pengkaderannya. Regulasi dilakukan dengan melakukan seleksi dan selanjutnya dikelompokkan pada tim 1, tim 2, dan tim 3. Pada Kejurnas Semar V, sebagian besar yang mengikuti kejuaraan adalah kader-kader baru TS UMS.

“Yang mengikuti pertandingan di UNS hanya sebagian dari tim 2, kebanyakan dari tim 3. Mereka, kader-kader baru dari TS UMS,” ungkapnya.

Dan yang kita kirim itu khususnya adik-adik tim 3, atau angkatan 2023.”

Krisna berharap, para kader TS UMS tetap bersemangat, menjadi kader TS terbaik dan dapat membanggakan almamater UMS.

“Harapannya baik yang tim 1, tim 2, maupun tim 3, tetap semangat untuk berlatih. Terutama untuk yang tim 2 dan tim 3 harus komitmen dan kontinu terkait dengan latihan dan sebagainya, yang harapannya nanti benar-benar menjadi kader terbaik yang nanti bisa membanggakan khususnya TS UMS, dan mungkin pencak silat di Indonesia,” pesannya.

Salah satu peraih medali perak M. Abdullah Azzam dari Pendidikan Olahraga (POR) UMS angkatan 2023 mengungkapkan bahwa dirinya telah beberapa kali mewakili UMS di berbagai pertandingan.

“Mewakili UMS sudah 2 kali yaitu pada event Magelang Championship meraih medali emas dan Kejurnas UNS meraih medali perak,” ungkap Azzam.

Dia juga merasa sangat bangga karena bisa mewakili UMS di ajang nasional seperti ini, dan bersyukur bisa memperoleh medali perak. Kesuksesannya adalah buah dari ketekunannya dalam berlatih. Dia telah berlatih semenjak kelas 4 SD, kurang lebih saat umur 8 tahun, dengan dorongan dari ayahnya yang juga seorang pelatih.

Atlet TS itu saat ini tengah mempersiapkan dirinya untuk mengikuti seleksi kejuaraan di Jakarta dan Malaysia Open, karena pada saat seleksi untuk POMNAS dia tidak lolos.

“Harapan saya untuk UMS semoga bisa tetap mensupport saya dan temen-temen yang lain untuk bisa berprestasi lebih tinggi lagi,” harap Azzam, pemenang dari kategori Tanding Kelas B di Kejurnas Semar V.

Untuk saat ini TS UMS sedang melakukan persiapan untuk kegiatan POMNAS yang akan diselenggarakan di Kalimantan Selatan, November nanti.

Berikut daftar mahasiswa berprestasi yang membawa pulang 3 Perak dan 1 Perunggu dari Kejurnas Semar V:

1. M. Abdullah Azzam ( Juara 2 Kelas B Putra )
2. Aji Satrio ( Juara 2 Kelas D Putra )
3. Dika Dwi ( Juara 2 Seni ganda Tangan Kosong )
4. Diki Dwi ( Juara 2 Seni ganda Tangan Kosong )
5. Aji Satrio ( Juara 2 Bebas Beregu Putra )
6. Barrel Putra ( Juara 2 Bebas Beregu Putra )
7. Bayu Seno ( Juara 2 Bebas Beregu Putra )
8. Arjun Kristiyo ( Juara 2 Bebas Beregu Putra )
9. Egi Ardiansyah ( Juara 2 Bebas Beregu Putra )
10. Egi Ardiansyah ( Juara 3 Kelas F Putra )

(Maysali/Humas)