You are currently viewing Prodi Pendidikan Teknik Informatika UMS Dapatkan Akreditas Unggul

Prodi Pendidikan Teknik Informatika UMS Dapatkan Akreditas Unggul

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, UMS-Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Surakarta (PTI UMS) berhasil mengakselerasi akreditasnya. Setelah melalui proses penilaian akreditas yang dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK), PTI UMS mendapatkan akreditas Unggul (4/11) dengan Nomor SK: 548/SK/LAMDIK/Ak/S/XI/2022.

Kepala Program Studi PTI UMS, Arif Setiawan, S.Kom., M.Eng., menyatakan timnya akan terus berjuang, setelah memperoleh predikat unggul. Ada target selanjutnya, yakni mereka mengejar predikat lebih tinggi, sehingga tercapai akreditasi internasional.

“Jadi rencana ke depannya kita prodi PTI ingin mencapai akreditasi internasional, kemudian membuka program profesi PPG,” jelas Arif (4/11).

Proses penilaian yang dilakukan oleh LAMDIK berlangsung selama dua hari dan dilakukan secara daring. Penilaian tersebut menyangkut tentang evaluasi diri berdasarkan data-data yang diinput oleh prodi, yang kemudian dinilai oleh asesor. Kemudian pada hari itu, asesor LAMDIK mengecek kebenaran data evaluasi tersebut. Wawancara juga dilakukan kepada para dosen dan alumni. Penilaian tentang cara mengajar dosen, dan wawancara dengan tenaga pendidik secara daring.

Selain itu, tim asesor juga melakukan virtual tour untuk melakukan pengecekan laboratorium. Laboratorium dinyatakan sudah memadai, tetapi ke depannya prodi PTI akan perbanyak lagi alat-alat kelengkapannya untuk menunjang proses pelatihan dan pendidikan.

“Untuk ke depannya akan diperbanyak lagi alat-alatnya, kemudian di update karena kan, perkembangan ilmu informatika itu cepat,” kata Arif.

Prodi PTI UMS merupakan prodi yang baru dibuka pada tahun 2014, dan awalnya mendapatkan akreditas B pada tahun 2017, kemudian mendapatkan akreditas Unggul pada tahun 2022. (Maysali/Humas)