You are currently viewing Bahas SDGs, Teknik Industri UMS Gelar Seminar Pakar

Bahas SDGs, Teknik Industri UMS Gelar Seminar Pakar

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SURAKARTA – Keluarga Mahasiswa Teknik Industri (KMTI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan seminar nasional dengan berfokus pada pengelolaan industri dalam mencapai Tujuan Pengembangan Berkelanjutan (TPB) atau yang dikenal dengan Sustainable Development Goals (SDGs), Minggu (19/11).

Acara yang berlangsung di Ruang Seminar Lt. 7 Gedung Induk Siti Walidah tersebut mengusung tema “The Role of Indonesian Industry to Achieve The Sustainable Development Goals”. Kegiatan seminar ini menarik perhatian mahasiswa dari Teknik Industri dari berbagai tingkatan semester.

Ketua Penyelenggara Industrial in Seminar (INSEM) 10, Muhammad Yasir menyampaikan, bahwa kegiatan seminar ini adalah merupakan seminar tahunan dari KMTI. Pada perayaannya yang ke-10, INSEM membawakan topik mengenai SDGs dengan tujuan tertentu.

“Tujuannya untuk menciptakan pemikiran-pemikiran mahasiswa Teknik Industri khususnya di lingkup UMS agar nantinya mahasiswa bisa terjun ke perusahaan bisa berperan aktif dan mendukung pembangunan berkelanjutan pada industri atau perusahaan yang nantinya diampu,” jelas Yasir.

Dia juga menyampaikan, seminar ini menjadi penting karena pada saat ini banyak perusahaan yang belum mengimplementasikan atau berorientasi pada 14 tujuan besar pada SDGs.

“Jadi saya harapkan dari kegiatan ini, mahasiswa bisa lebih memikirkan nantinya perusahaan akan dibawa untuk mencapai SDGs yang ingin dicapai oleh pemerintah pada tahun 2030,” harapnya.

Kaprodi Teknik Industri UMS Dr., Etika Muslimah, S.T., M.M., M.T., juga memberikan apresiasi kepada para peserta seminar yang telah menyempatkan waktunya untuk datang mencari ilmu meskipun di hari libur. Selain itu, pembahasan mengenai keberlanjutan menjadi menarik dan penting untuk dibahas.

“Memang topik sustainability itu topik yang saat ini sedang tren, jadi sedang dibicarakan atau menjadi pembicaraan banyak orang tentang keberlanjutan di bidang apapun,” ungkap Etika Muslimah.

Melalui INSEM 10, diharapkan peserta yang hadir dapat mengetahui dan menambah wawasan bagaimana industri menerapkan sustainability.

Pada INSEM kali ini, penyelenggara mengundang pakar dari industri PT Indofood Sukses Makmur Tbk Tito Rano Pradibto, S.SI Head of Department of Production Seasoning, dan Handoko, S.AK Corporate Social Responsibility Specialist Asia Pulp and Paper (APP) yang juga merupakan alumni UMS.

Kedua pembicara tersebut menyampaikan bagaimana pengelolaan industri mereka dalam mendukung tercapainya 14 tujuan dari SDGs itu. (Maysali/Humas)