You are currently viewing UMS Kirim Mahasiswa ke POMNAS 2023 dan KMI Expo 2023

UMS Kirim Mahasiswa ke POMNAS 2023 dan KMI Expo 2023

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SOLO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memberangkatkan timnya untuk mengikuti ajang pertandingan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII 2023 dan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo 2023.

Sebelum diberangkatkan, kedua tim tersebut mendapatkan nasihat dan semangat dari Rektor UMS Prof., Dr., Sofyan Anif, M.Si., yang dilaksanakan di Ruang Sidang Rektorat, Lantai 6 Gedung Induk Siti Walidah UMS, Jumat (10/11).

“Saya tentu sangat bangga dan gembira. Saya sampaikan terus di mana-mana itu. Mahasiswa yang punya prestasi itu memberikan kontribusi yang cukup di dalam berbagai pemeringkatan,” ungkap Sofyan Anif, menunjukkan rasa bangganya terhadap mahasiswa itu.

Dia menyampaikan, bahwa sekarang ini jika sebuah perguruan tinggi tidak memiliki peringkat, maka akan dijauhi oleh masyarakat.

“Saya berharap kepergian adik-adik nanti juga bisa menambah jumlah prestasi yang sudah ada,” ungkap Rektor UMS itu.

Beberapa pesan disampaikan kepada mahasiswa-mahasiswa berprestasi itu. Dalam pertandingan, lanjutnya, semangat menjadi faktor paling penting. Selain itu, Rektor UMS juga berpesan agar mahasiswa yang akan berlomba tidak minder ketika melihat para pesaingnya.

“Dalam dunia pertandingan atau apapun itu, faktor paling kuat sehingga bisa memberikan keberhasilan atau sebagai juara itu kan semangat. Semangat, motivasi itu nomor satu,” kata Anif.

Selain semangat, tambahnya, faktor penting lainnya adalah daya juang. Daya juang menjadi modal yang komprehensif untuk memenangkan sebuah pertandingan.

“Maka kalau orang sudah punya semangat dan daya juang itu, bagaimanapun tetap akan bertindak sportif. Sportivitas harus dijaga betul, karena itu mempertaruhkan nama baik almamater juga,” pesannya.

Wakil Rektor III UMS Ihwan Susila, S.E., M.Si., Ph.D., juga mengungkapkan rasa syukurnya atas kesempatan yang didapatkan oleh tim UMS sehingga dapat berlaga di berbagai ajang.

“Hari ini kita bersyukur, karena dapat memberangkatkan tim POMNAS yang akan bertanding di Banjarmasin, dan yang kedua kita memberangkatkan KMI Expo yang akan diselenggarakan di Bali,” ujar Ihwan Susila.

Ihwan Susila menerangkan lebih lanjut, bahwa yang akan bertanding di POMNAS adalah dari tim pencak silat, badminton, dan lari. Kemudian dari KMI Expo terdapat dua produk yang nanti akan dipamerkan. yaitu produk jamu dan jasa digital marketing.

“Mudah-mudahan kita bisa benar-benar menunjukkan bahwa kita yang terbaik. Sehingga nanti tim dari UMS baik dari POMNAS maupun dari KMI akan mendapatkan medali,” harap Ihwan.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti ajang KMI Expo, Bagas Panatatama Putera dengan jasanya yaitu Anomia, menyampaikan bahwa tim mereka telah mengikuti seleksi yang diadakan oleh Biro Kemahasiswaan UMS. Sebanyak 30-48 tim mengikuti seleksi dan terpilih dua tim yang dikirimkan ke tingkat nasional untuk mengikuti KMI EXPO.

“Dari kami tim Anomia sendiri kita berada di jasa Digital Advertising periklanan sama brand marketing digital, Anomiah Digital industri sendiri kita udah ada berlandaskan legalitas PT juga,” ujar Bagas, mahasiswa Prodi Manajemen UMS.

Mewakili timnya, Dia optimis untuk mendapatkan juara 1. Selain itu, Bagas juga berkeinginan untuk mengembangkan atau menaikan sepak terjang dan Anomia ingin ada bibit baru, yaitu muncul perusahaan baru di mana Anomia sendiri menjadi Head Quarter nya dan ingin memiliki anak perusahaan untuk kelangsungan kedepannya juga.

Selanjutnya, Ginting Baharudin Putra dari Cabang Tanding Pencak Silat, menyampaikan bahwa Dia menjadi perwakilan dari Jawa Tengah dalam POMNAS 2023 di Banjarmasin nanti.

Dia juga mengatakan, bahwa selama bergulat di pertandingan silat, banyak support yang telah diberikan oleh UMS kepadanya dan kepada mahasiswa lainnya. Dukungan tersebut di antaranya berupa uang saku, uang pembinaan, juga beasiswa jika mereka memenangkan pertandingan.

“Harapanya di POMNAS dapat menjuarai atau menjadi juara 1 dan semoga ada bibit baru yang meneruskan,” ujar Ginting. (Maysali/Humas)