You are currently viewing Cari Tempat Kuliah, Ini 10 Kampus Swasta Terbaik Versi Webometrics 2024

Cari Tempat Kuliah, Ini 10 Kampus Swasta Terbaik Versi Webometrics 2024

Jakarta: Lembaga pemeringkatan Webometrics kembali merilis peringkat kampus dunia pada edisi Januari 2024. Webometrics adalah suatu sistem pemeringkatan terhadap penilaian perguruan tinggi di seluruh dunia berdasarkan kriteria tertentu.

Webometrics memiliki tiga indikator yang digunakan dalam menilai peringkat kampus seluruh dunia, yakni visibility (visibilitas), transparency (transparansi atau keterbukaan), dan excellence (keunggulan). Visibility (Visibilitas) dapat diartikan sebagai indeks penilaian yang berkaitan dengan pengaruh konten atau tautan domain perguruan tinggi yang diunggah di situs perguruan tinggi.

Transparency (Transparansi) adalah seberapa banyak penelitian dari top 310 peneliti dikutip dalam website. Excellence (Keunggulan) merupakan penilaian terhadap jumlah makalah di antara 10 persen teratas yang paling banyak dikutip pada tiap 27 disiplin ilmu berdasarkan database yang ada.
Sejumlah kampus di Indonesia masuk dalam pemeringkatan Webometrics 2024, termasuk 10 perguruan tinggi swasta (PTS). Berikut 10 kampus swasta terbaik di Indonesia 2024 berdasarkan Webometrics edisi Januari 2024 dikutip dari laman telkomuniversity.ac.id:
10 kampus swasta terbaik versi Webometrics 2024

1. Telkom University (Tel-U)
Telkom University masih menjadi universitas swasta terbaik nomor satu menurut Webometrics dengan menempati peringkat ke-11 di Indonesia dan peringkat 1.206 di dunia. Tel-U berkomitmen untuk terus memberikan mutu pendidikan yang lebih baik untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Tel-U memiliki 7 fakultas dan 64 program studi yang saat ini tersebar di Bandung, Jakarta, dan Surabaya dengan akreditasi Unggul serta didukung dengan layanan akademik berbasis digital. Selain itu, Tel-U juga telah memperoleh berbagai pemeringkatan internasional lainnya, seperti The Higher Education Impact Ranking, World University Ranking for Innovation, dan masih banyak lagi.

Tak heran, Tel-U menjadi kampus swasta yang banyak diminati calon mahasiswa baru. Saat ini Telkom University memiliki lebih dari 36.000 mahasiswa aktif dan 78.000 alumni yang tersebar di seluruh dunia.

2. Universitas Bina Nusantara (Binus)
Binus menjadi kampus swasta yang menyusul Tel-U dengan meraih peringkat kedua menurut Webometrics 2024. Binus menduduki peringkat ke-13 di Indonesia dan peringkat 1.429 dunia. Sejak berdiri 49 tahun lalu, kini Binus telah memiliki 9 kampus di 6 kota yang berbeda.

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
PTS dengan peringkat ketiga adalah UMY. Menurut Webometrics, UMY menempati peringkat 18 di Indonesia dan 1.873 di dunia. Di UMY terdapat 10 fakultas dengan menawarkan 3 program Vokasi, 23 program Sarjana, 7 program Magister, 3 program Doktor dan 5 program pendidikan Profesi.

4. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
UMM berhasil menempati peringkat keempat. Pada Webometrics edisi Januari 2024, UMM menempati peringkat 22 di Indonesia dan peringkat 2.266 dunia. Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang berasal dari dalam dan luar negeri. Saat ini terdapat 10 Fakultas dengan 6 Program Internasional, 5 Program Vokasi, 40 Program Studi Strata-1, 6 Program Profesi, 13 Program Magister, dan 4 Program Doktor.

5. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
Universitas Muhammadiyah Surakarta menjadi perguruan tinggi terkemuka yang menduduki peringkat kelima sebagai perguruan tinggi swasta. Berdasarkan Webometrics UMS menempati peringkat 28 di Indonesia dan peringkat 2.669 dunia. Posisi UMS mengalami peningkatan dari tahun lalu yang berada diposisi 2.720 dunia.

6. Universitas Gunadarma (UG)
Terletak di Depok, Jawa Barat, Universitas Gunadarma memiliki 9 fakultas dan 18 program studi. Universitas Gunadarma menjadi PTS ke enam di Indonesia memiliki peringkat perguruan tinggi ke 34 di Indonesia dan 3.061 dunia.

7. Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa)
Kampus yang berlokasi di Jawa Timur ini menjadi perguruan tinggi swasta yang berhasil meraih peringkat ke-7. Unusa menduduki peringkat ke-35 di Indonesia sedangkan di dunia menempati peringkat ke 3.068 berdasarkan penilaian Webometrics.
Unusa mengalami peningkatan yang sebelumnya berada diposisi 3.186. Saat ini Unusa menjadi kampus bagi 2.154 mahasiswa baru dalam menuntut ilmu dari 20 program studi.

8. Universitas Ahmad Dahlan (UAD)
Pada 2023, terdapat 4.740 mahasiswa baru yang bergabung di Universitas Ahmad Dahlan terdiri dari Sarjana Terapan, Sarjana, Magister, hingga Pendidikan Profesi. Sebagai bentuk meningkatkan kualitas pendidikan, UAD berhasil meraih peringkat ke delapan sebagai perguruan tinggi swasta. UAD meraih peringkat 36 di Indonesia dan 3.140 dunia menurut penilaian Webometrics.

9. Universitas Mercu Buana (UMB)
Telah berdiri sejak 1985, UMB memiliki prestasi dengan berada di peringkat ke sembilan di Indonesia. UMB menduduki peringkat 43 di Indonesia dan peringkat ke 3.529 dunia.

10. Universitas Surabaya (Ubaya)
Universitas Surabaya menjadi kampus swasta ke-10 di Indonesia dalam Webometrics 2024. Universitas ini, menempati peringkat ke-46 di Indonesia dan ke 3.585 dunia. Berlokasi di Surabaya, Ubaya memiliki 9 fakultas dan 27 program studi.

Daftar di atas bisa menjadi salah satu pertimbangan kamu memilih universitas lho. Kredibilitas yang dimiliki perguruan tinggi melalui prestasi yang ditorehkan dapat membantu kamu ketika lulus.

Sumber: https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/5b2owqMk-cari-tempat-kuliah-ini-10-kampus-swasta-terbaik-versi-webometrics-2024