You are currently viewing Fakultas Geografi UMS Akan Gelar Kuliah Umum bertajuk “Spatial Thinking dalam Konteks Data Science”

Fakultas Geografi UMS Akan Gelar Kuliah Umum bertajuk “Spatial Thinking dalam Konteks Data Science”

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SOLO – Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan menggelar Kuliah Umum bertajuk “Spatial Thinking dalam Konteks Data Science” yang rencananya akan digelar pada Sabtu, (3/2), melalui platform Zoom Meeting.

Acara tersebut dimoderatori oleh Wahyu Tyas Pramono, M.Sc., dengan mengundang narasumber dari Dosen Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), Universitas Brawijaya, Malang, Adipandang Yudono, Ph.D., dimulai pukul 15.00 WIB.

Dekan Fakultas Geografi UMS, Jumadi, S.Si., M.Sc., Ph.D., menyampaikan bahwa tujuannya diselenggarakan Kuliah Umum tersebut untuk memberikan wawasan tentang gaya mutakhir (tren) terkini dalam studi geografi seiring dengan perkembangan teknologi.

Jumadi membeberkan mengenai diskusi yang akan diselenggarakan itu akan membahas tentang Spatial Thinking dalam perspektif Sains Data yang mengeksplorasi bagaimana pemikiran spasial diterapkan dalam analisis data geospasial.

BACA JUGA: Prodi Teknik Elektro UMS Pamerkan Hasil Karya Inovatif

“Aspek menarik dari diskusi ini adalah bagaimana teknik dan alat Sains Data, seperti machine learning dan big data analytics, digunakan untuk memahami dan menyelesaikan fenomena terkait dengan lokasi dan ruang,” ungkapnya, Kamis, (1/2).

Kuliah Umum yang akan dilaksanakan Sabtu mendatang itu juga akan menyoroti pentingnya integrasi data spasial dalam berbagai bidang, seperti perencanaan kota, manajemen bencana, dan konservasi lingkungan. Menurutnya, penerapan pemikiran spasial dalam Sains Data membuka peluang baru untuk analisis yang lebih komprehensif dan keputusan yang lebih tepat dalam konteks geografis.

Jumadi berharap untuk penyelenggaraan Kuliah Umum besok bisa memberikan wawasan baru bagi dosen dan mahasiswa akan pentingnya spatial thinking dalam berbagai aspek kehidupan.

Kuliah umum itu terbuka bagi siapa saja yang berminat mengikutinya serta disediakan juga E-Sertifikat. Bagi siapa saja yang berminat untuk mengikuti kuliah umum tersebut dapat mendaftar melalui laman ums.id/KU-Februari. (Yusuf/Humas)