You are currently viewing Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Gandeng UMS Selenggarakan Webinar Meningkatkan Daya Saing UMKM di Indonesia

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Gandeng UMS Selenggarakan Webinar Meningkatkan Daya Saing UMKM di Indonesia

  • Post author:
  • Post category:Berita

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berkerja sama dengan Kemenko Perekonomian menyelenggarakan Seminar Safari Diskusi Kampus dengan tema “Meningkatkan Daya Saing UMKM: Arah dan Strategi Pengembangan dan Pemberdayaan”. Acara tersebut dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom pada Rabu (10/3/2021).

Di hadapan ratusan peserta, Rektor UMS, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si mengatakan, acara tersebut diselenggarakan salah satunya untuk menghimpun tanggapan dan pandangan para pemangku kepentingan terkait strategi pengembangan dan pemberdayaan guna meningkatkan daya saing UMKM di Indonesia.

Ia menambahkan, pandemi Covid-19 telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, tak terkecuali perekonomian. Dalam bidang perekonomian, kata Anif, pandemi ini mempengaruhi konsistensi usaha di bidang UMKM (usaha mikro kecil dan menengah). Maka dari itu, lanjutnya, pemerintah perlu memanfaatkan ilmu yang dimiliki oleh perguruan tinggi untuk meningkatkan perekonomian di sektor UMKM.

Selaras dengan Sofyan Anif, Menko Airlangga Hartarto juga menuturkan bahwa sekitar 82.9% UMKM merasakan dampak pandemi, tetapi sebagian kecil masih mampu tumbuh positif. Sehingga, lanjut dia, pemerintah telah mengalokasikan dana untuk dukungan UMKM dan korporasi.

Tak hanya itu, kata Airlangga, saat ini pemerintah juga telah memberikan bantuan berupa Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) untuk pelaku usaha bahan mikro yang tidak sedang menerima kredit dari perbankan.

Ke depan Airlangga berharap UMKM yang saat ini sebagian besar masih berbentuk sektor informal itu bisa melakukan pendaftaran agar bisa berubah menjadi sektor formal. (Bangkit N/Humas).