Road to Dies Natalis Arsitektur UMS ke-32, Mahasiswa Arsitektur Gelar ARCHIFUN XV

  • Post category:Berita
  • Reading time:3 mins read
You are currently viewing Road to Dies Natalis Arsitektur UMS ke-32, Mahasiswa Arsitektur Gelar ARCHIFUN XV

ums.ac.id, PABELAN – Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) bersama tim Archifun menggelar tiga rangkaian workshop yang digarap oleh mahasiswa untuk menyambut Dies Natalis Arsitektur UMS ke-32 di bulan Februari 2025 mendatang.

Ketua Tim Archifun, Wahyu Rafif Fadil mengungkapkan melalui program dan serangkaian acara ini menjadi wadah untuk belajar dan menuangkan ide kreatif mahasiswa serta mencoba merangkul teman-teman mahasiswa dan divisi serta mengajak para dosen dan praktisi profesional untuk berkolaborasi.

“Workshop yang sudah terselenggara dengan menggandeng para profesional di antaranya workshop poster yang dihadiri oleh narasumber Rangga Cahya, seorang arsitek muda asal Semarang sekaligus founder RCA Desain untuk meningkatkan komunikasi secara visual lewat poster arsitektur, dengan diikuti 30 peserta,” paparnya Kamis, (4/7).

Kemudian, workshop fotografi arsitektur dengan menghadirkan narasumber Victor Yeremia Hartanto, seorang fotografer arsitektur muda profesional dan diikuti dari Divisi Arthepac di bawah naungan Keluarga Mahasiswa Teknik Arsitektur (KMTA) serta peserta mahasiswa arsitektur sebanyak 25 peserta sebagai sarana untuk belajar dan mendalami fotografi khususnya fotografi arsitektur.

Sedangkan Rangkaian yang ketiga adalah workshop sketsa arsitektur yang akan diselenggarakan hari Sabtu (29/7) dengan narasumber Dr. Ir. Agung Dwiyanto, MSA, IAI, GP.

“Beliau seorang dosen arsitektur yang terbilang senior di Universitas Diponegoro Semarang dan juga menekuni sketsa arsitektur. Pada workshop ketiga ini juga akan dihadiri dari Divisi Sinan Aga yang masih dinaungi Keluarga Mahasiswa Teknik Arsitektur (KMTA) dan peserta dari mahasiswa arsitektur untuk melatih kemahiran tangan menggambar sketsa,” tambah Ketua Tim Archifun itu.

Tim Archifun sendiri adalah panitia yang dibentuk untuk menyambut perayaan Dies Natalis Prodi Arsitektur setiap tahunnya. Kegiatan ini tidak berhenti di workshop saja. Tim Archifun merencanakan workshop ini akan berlanjut untuk sesi produksi majalah arsitektur perdana dari Prodi Arsitektur dan akan dipersiapkan untuk launching di bulan Februari bertepatan dengan Dies Natalis ke-32 Prodi Arsitektur UMS pada bulan Februari 2025 mendatang. Selain itu, agenda ini menjadi ajang kolaborasi antar mahasiswa, dosen dan praktisi profesional.

“Tema untuk Dies Natalis kali ini adalah ‘A Design Impact’ yang mencoba mengajak para pelaku arsitektur dan desain mulai dari mahasiswa, dosen, hingga praktisi untuk kembali berpikir dan merenung dampak dari sebuah desain yang sudah dibuat apakah positif untuk masyarakat dan lingkungan atau sebaliknya. Ini merupakan keresahan dan respon terhadap apa yang terjadi di sekitar kita dan tak luput dari desain yang sudah terealisasi, apakah sudah tepat dan berdampak positif bagi sekitar,” papar Ketua Panitia.

Menanggapi kegiatan tersebut, Kaprodi Arsitektur UMS Dr. Nur Rahmawati Syamsiyah, S.T., M.T sangat antusias dan mendukung atas kegiatan workshop ini dan mendorong para mahasiswa untuk menuangkan ide kreatif. Bukan hanya sebagai ajang peningkatan keterampilan mahasiswa tetapi juga menggandeng profesional sebagai upaya menjalin mitra serta mengenalkan Prodi Arsitektur UMS ke lingkungan luar kampus. (Fika/Humas)