Tim KRAI 2024 Bersaing untuk Ikuti ABU Robocon 2024 di Vietnam

  • Post category:Berita
  • Reading time:2 mins read
You are currently viewing Tim KRAI 2024 Bersaing untuk Ikuti ABU Robocon 2024 di Vietnam

ums.ac.id, SURAKARTA – Sebagai bentuk pengembangan kemampuan kreativitas, inovasi dan strategi, seperti yang telah disebutkan oleh Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), tim pemenang pada Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), pada perhelatan Kontes Robot Indonesia 2024 (KRI) Tingkat Nasional, akan mewakili Indonesia pada ABU Asia Pacific Robot Contest 2024 (Robocon), yang akan dilaksanakan di Dai Yen Multi-Purpose Gymnasium, Quang Ninh, Vietnam.

Tema yang diangkat dalam KRAI 2024 adalah “Harvest Day”, yang mengacu pada tema dan pedoman ABU Robocon 2024 mendatang. Robocon sendiri merupakan Asian-Pacific kompetisi robot perguruan tinggi Asia -Oseania, yang didirikan pada 2002 lalu oleh Asian-Pacific Broadcasting Union (Persatuan Penyiaran Asia-Pasifik), yang mana Televisi Republik Indonesia (TVRI) menjadi salah satu anggotanya.

Dr. Ir. Djoko Purwanto, M.Eng., selaku Juri KRAI Tingkat Nasional, menjelaskan tema yang diangkat pada Robocon berangkat dari identitas negara penyelenggara. Dengan ini mahasiswa ditekankan untuk memiliki kreativitas dan inovasi yang timbul dari sebuah permasalahan.

“Permasalahan itu kan berganti setiap tahun, jadi ide dari Robocon ini lebih ditekankan pada kreativitas dan kreasi mahasiswa ketika diberi permasalahan,” jelas Djoko.

Dia juga menyebutkan tim pemenang KRAI 2024 akan diberangkatkan ke Vietnam pada Agustus mendatang, melalui TVRI.

Menurut pernyataan Prof. Dr. Eng. Drs. Benyamin Kusumoputro, M.Eng., sebagai Ketua Tim Juri KRI 2024 menyebutkan KRAI memiliki tingkat kesulitan tersendiri.

“Tingkat kesulitannya sudah disesuaikan dengan perkembangan teknologi yang ada, jika dulu menggunakan sensor-sensor biasa saja, tapi sekarang sudah menggunakan Artificial Intellegence (AI),” ucap Benyamin.

Benyamin melanjutkan, KRI 2024 bertujuan untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk masa depan bangsa, yang kegunaannya bergantung pada persaingan pasar.

Saat ini, pada Kamis (4/7) terdapat 31 tim yang berlaga dalam 15 kali pertandingan pada KRAI 2024, yang berlangsung di Gedung Edutorium KH. Ahmad Dahlan UMS. Pertandingan masih terus berlangsung hingga final pada Jum’at, 5 Juli 2024 dilokasi yang sama. (Eva/Humas)