You are currently viewing RAKERPIM UMS: Strategi Jangka Panjang Pengembangan UMS dan Peningkatan Kapasitas Lulusan

RAKERPIM UMS: Strategi Jangka Panjang Pengembangan UMS dan Peningkatan Kapasitas Lulusan

  • Post author:
  • Post category:Berita

Universitas Muhammadiyah Surakarta pada tahun 2017 telah melaksanakan reorganisasi kepemimpinan. Dr. Sofyan Anif, M.Si terpilih sebagai Rektor untuk masa jabatan 2017-2021. Pada periode ini juga terjadi penambahan Wakil Rektor yang semula hanya ada empat Wakil Rektor pada periode sebelumnya, pada periode sekarang menjadi lima wakil rektor. Perubahan ini pastinya guna meningkatkan kualitas UMS.

Meningkatkan kualitas diperlukan perencanaan dan strategi-strategi yang matang. Berlatar belakang hal tersebutlah Rapat Kerja Pimpinan Universitas Muhammadiyah Surakarta Masa Jabatan 2017-2021 digelar. Dilaksanakan pada tanggal 11-12 Agustus 2017 RAKERPIM UMS mengusung tema Strategi Jangka Panjang Pengembangan UMS dan Peningkatan Kapasitas Lulusan.

Acara yang bertempat di Kabupaten Karanganyar tepatnya di Tawangmangu, Pimpinan UMS dari semua sektor unit dihadirkan untuk membahas langkah kerja kedepan. Mengawali acara Dr. Sofyan Anif, M.Si selaku Rektor menyampaikan arah pengembangan UMS. Dilanjutkan oleh Dr. Haedar Nashir, M.Si selaku Ketua Umum PP Muhammadiyah menyampaikan Penajaman Ideologi dalam Pengembangan PTM dalam Kancah Global, kemudian disambung oleh Drs. Dahlan Rais, M.Hum yang menyampaikan tentang Pengkaderan dan Pengelolaan PTM.

Pada acara tersebut setidaknya ada empat bahasan pokok yang diagendakan, dimana setiap bahasan diolah dalam sebuah sidang komisi. Adapun sidang komisi yang diadakan sebagai berikut,

  • Sidang Komisi A. Pengembangan Jangka Panjang UMS
  • Sidang Komisi B. Integrasi Tata Nilai dalam Proses Pembelajaran
  • Sidang Komisi C. Strategi Peningkatan Employability lulusan
  • Sidang Komisi D. Pengembangan Soft Skill Mahasiswa UMS untuk Peningkatan Daya Saing.

Dari hasil bahasan-bahasan tersebut, diharapkan mampu menjadikan UMS sebagai pelopor PTM berprestasi dikancah global. (Ahmad)