You are currently viewing Semnas Lingkungan Hidup Wujud DINAMIK Peringati Hari Pohon Dunia

Semnas Lingkungan Hidup Wujud DINAMIK Peringati Hari Pohon Dunia

  • Post author:
  • Post category:Berita

Memperingati hari Pohon sedunia, Divisi Pecinta Alam Mahasiswa Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (DINAMIK UMS) mengadakan Seminar Nasional Lingkungan Hidup pada hari Rabu (21/11/2018). Seminar yang diikuti oleh 120 peserta tersebut bertempat di Ruang Seminar Lantai 7 Gedung Induk Siti Walidah UMS.

Tema yang diangkat dalam seminar ini ialah ‘Plant A Tree Plant A Hope’, tema tersebut bertujuan mengajak kepada masyarakat untuk sadar akan pentingnya menanam pohon untuk menjaga lingkungan hidup. Muhammad Sidiq Yulianto Ketua Bidang Lingkungan Hidup Dinamik UMS menambahkan, selain seminar lingkungan hidup, Dinamik UMS akan melakukan kegiatan Tanam Pohon di wilayah hutan Tlaga Madirga, Karanganyar pada tanggal 1-2 Desember mendatang. “Rangkaian kegiatannya ada seminar lingkungan hidup terbuka untuk umum dan tanam pohon untuk internal anggota Dinamik UMS” jelas mahasiswa Teknik Mesin UMS tersebut.

Lanjut, Sidiq berharap dengan adanya seminar kali ini peserta mampu menumbuhkan kesadaran pentingnya merawat lingkungan. Kesadaran menanam dan menjaga pohon dilakukan untuk menangani fenomena global warming. “fenomena Global warming terjadi karena Karbondioksida (Co2) lebih banyak dibanding oksigen (O2), kesediaan pohon berkurang, akhirnya tidak mampu menyerap Co2 itu” terangnya.

Menghadirkan narasumber yang ahli dibidangnya, Dinamik UMS mengundang Susilo Margono, S.Hut., M.Ling. dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah. Turut mengahadirkan pembicara kedua Fahmi Bastian dari Organisasi Wahana Lingkungan Hidup (WALHI) Jawa Tengah.

Susilo Margono, S.Hut, M.Ling. menyampaikan, karakter yang harus dimiliki oleh manusia untuk menjaga lingkungan adalah environmental leadership. “Dimulai dari diri sendiri, untuk memiliki jiwa kepemimpinan yang peduli terhadap lingkungan” ujar Susilo saat menyampaikan materi.

Selain itu, turut hadir Dekan Fakultas Teknik UMS Ir. Sri Sumarjono, M.T. P.hD. Dalam sambutannya, Dekan FT UMS memyampaikan salah satu ayat alqur’an yaitu Q.S Ar-Ruum ayat 41 untuk menjadi renungan bersama bahwa kerusakan alam disebabkan oleh manusia itu sendiri. (Risqi)