You are currently viewing UMS Peringkat Pertama PTS Lolos Pendanaan PKM AI/GT Tahun 2021

UMS Peringkat Pertama PTS Lolos Pendanaan PKM AI/GT Tahun 2021

  • Post author:
  • Post category:Berita

UMS berhasil mendapatkan pembiyaan terbanyak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) se-Indonesia yang lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa Artikel Ilmiah/ Gagasan Tertulis (PKM AI/GT) tahun 2021 sesuai dengan surat Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 3116/E2/KM.05.01/2021 perihal Insentif PKM-AI dan PKM-GT Tahun 2021.

Sebagaimana lampiran dalam surat itu, tujuannya adalah memandu mahasiswa untuk menjadi pribadi yang tahu aturan, taat aturan, kreatif, inovatif, dan objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan menyelenggarakan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2021.

Kepala Bagian Penalaran, Kreativitas dan Soft Skill, Ir. Ahmad Kholid Alghofari, S.T., M.T. menyampaikan terdapat pendampingan dan pelatihan dari tim PKM Center kepada peserta yang akan mengirim proposal PKM ke Kemendikbud dengan narasumber yang berkompeten.

“UMS ada tim pendamping bernama tim PKM Center yang bertugas memeberikan pendampingan dari pembuatan proposal hingga kaidah kepenulisan yang berlaku dalam PKM tersebut,” jelas Kholid

Di UMS terdapat sistem yang selain melakukan pendampingan juga terdapat penyaringan dengan melakukan seleksi secara internal dalam ajuan PKM Karya Tulis dengan harapan dapat memaksimalkan kualitas PKM mahasiswa dan dapat lolos seleksi Kemendikbud 24 proposal.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Pengkaderan Ihwan Susila, S.E., M.Si., Ph.D menyampaikan selamat kepada mahasiswa yang berhasil lolos mendapatkan pembiayaan dari Kemendikbud juga akan mendapatkan insentif khusus dari UMS dan bagi mahasiswa yang belum lolos jangan berkecil hati untuk melakukan yang terbaik dikesempatan berikutinya.

“Saya ucapkan selamat, kepada mahasiswa yang PKMnya lolos akan mendapatkan insentif dari UMS dan bagi mahasiswa yang belum lolos jenganlah berkecil hati untuk terus melakukan perbaikan, dari Biro Kemahasiswaan akan melakukan pendampingan untuk hasil yang lebih baik kedepannya,” papar Ikwan.

Secara garis besar UMS berhasil mendapatkan 24 pendanaan PKM dengan rincian berupa 23 PKM Artikel ilmiah dan 1 PKM Gagasan Tertulis denga total pembiayaan sebesar Rp 72.000.000 dari pemerintah. (Brondy/Humas)