You are currently viewing UMS Punya Prodi Baru S1 Sistem Informasi, Pendaftaran Dibuka Tahun Ini

UMS Punya Prodi Baru S1 Sistem Informasi, Pendaftaran Dibuka Tahun Ini

Jakarta – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) membuka program studi (prodi) baru yakni S1 Sistem Informasi. Prodi ini telah diresmikan sesuai Keputusan Kemendikbudristek Nomor 938/E/O/2023.

Rektor UMS, Prof Sofyan Anif menyatakan pembukaan prodi S1 Sistem Informasi ini didasarkan pada tingginya peminat di bidang ilmunya. Ia berharap prodi baru di kampusnya ini bisa segera mempunyai akreditasi Unggul.

“Di luar negeri, program studi semacam sistem informasi menjadi yang sangat diminati mahasiswa-mahasiswa seperti yang terjadi di Tongmyong University dan kampus-kampus lainnya,” katanya dalam laman UMS, dikutip pada Rabu (17/1/2024).

S1 Sistem Informasi UMS kini berada di Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI). Prodi ini juga berada di bawah naungan Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM).

Daya Tampung dan Perkuliahan

Prodi baru ini sudah bisa dipilih pada pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025. Adapun daya tampung tahun ini sebanyak 150 mahasiswa.

Dekan FKI UMS, Nurgiyatna menyampaikan prodi ini akan memberi pengetahuan mahasiswa soal mengelola, merancang, dan mengembangkan sistem informasi efektif dan efisien. Selain itu, mahasiswa akan mendapat pengetahuan soal bisnis, manajemen, hingga penerapan sistem yang mereka buat dalam organisasi.

“Pembukaan Prodi Sistem Informasi ini didasari pada tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informatika dan komputer. Di mana kebutuhan sumber daya manusia dengan bidang keahlian sistem informasi terus meningkat, diikuti dengan peningkatan minat lulusan SMA untuk melanjutkan kuliah di prodi Sistem Informasi,” kata Nurgiyatna.

Wakil Dekan 1 FKI UMS, Endah Sudarmilah mengatakan fokus kajian S1 Sistem Informasi UMS adalah pengembangan sistem informasi yang berbasis sistem cerdas (intelligent information system) dan pemanfaatan data.

Berlandaskan Prinsip Keislaman

Selain menjawab kebutuhan global akan produk sistem informasi, prodi S1 Sistem Informasi UMS ini juga menjawab kebutuhan mahasiswa dalam segi spiritual. Layaknya prodi lain di UMS, prodi baru ini juga berlandaskan nilai-nilai keislaman.

“Harapan dari pembukaan Prodi Sistem Informasi ini tentu saja memperkuat lini pendidikan Informatika dan Komputer (Infokom) di UMS, juga memberikan satu wadah yang akan menjadi pusat unggulan SI di area Jateng dan sekitarnya,” kata Endah.

Ia berharap prodi S1 Sistem Informasi ini dapat menghasilkan lulusan yang amanah, berintegritas, jujur, dan berwawasan nasional kebangsaan.

Sumber: https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-7145738/ums-punya-prodi-baru-s1-sistem-informasi-pendaftaran-dibuka-tahun-ini